Di Atas Sajadah Ku Menunggu Mu

Kurindu cinta_Mu, kurindu kasih_Mu, kurindu setiap belaian lembut_Mu didalam hatiku yang gersang, adakah Engkau merindu aku ya Allah, kudatang pada_Mu hanya dengan secuil cintaku, kuingin segenap perasaanku hanya terpaut pada_Mu, tak bisaku menjauh dari_Mu, saat kujauh, saat kumelupakan_Mu, tersirat rasa pedih dihati, tak ada kedamainan didalam hatiku, kusangat merasakan kegelisahan dihati, menangis hatiku saat kurasakan diriku jauh dari_Mu, perih hatiku saat cintaku tak tertaut pada_Mu, kosong jiwaku saat tak ada Engkau.


Setiap gerak ku, setiap gerak langkahku, setiap gerak tubuhku, ku ingin hanya Engkau yang ada di ingatanku, kuingin hanya Engkau yang ada dihatiku, kuingin hanya Engkau yang ada didadaku, harapan yang aku miliki kuingin hanya Engkau yang mengetahui_Nya, setiap derita yang kualami kuingin hanya Engkau pelipur lara, setiap keluh kesah yang menghampiri kuingin hanya Engkau tempatku mengaduh, setiap kebahagiaan yang menyapa kuingin hanya Engkau yang menemani.

Dalam hati aku selalu berharap hanya pada_Mu, cobaan dan ujian yang telah Engkau titipkan, sangat bermakna dalam hidupku, aku dapat merasakan begitu besar kasih sayang_Mu padaku, aku sadar melalui cobaan itu Engkau menilai cintaku pada_Mu.

ya Allah ya Tuhanku, kutak ingin menduakan cinta_Mu, ku tak ingin berpaling dari_Mu, ku tak ingin lagi merasakan kehampaan dalam hidup ini, dulu aku kira memiliki seorang pendamping yang setia, memiliki sahabat yang setia dan baik adalah pelipur segala keresahan hati, tapi aku salah ya Allah, kini aku temukan jawabannya, bahwa hanya Engkau yang mampu menenangkan hatiku. Hanya Engkau yang mampu mengobati hatiku yang hampa.

Kehadiran_Mu dihatiku terasa indah, cinta_Mu padaku mendamaikan diriku, setiap kali mengingat Engkau, setiap kali menyebut dan mendengar nama_Mu, aku meneteskan airmata, begitu mulianya Engkau, memberiku kesempatan tuk mengenal_Mu dan mencintai_Mu .

Saat kumendengar orang lain menjelekkan nama_Mu dan mengingkari kasih sayang_Mu, perih hatiku mendengarnya, kuingin berteriak dan berkata pada mereka bahwa Engkau adalah kekasihku yang sangat mulia tak tertandingan kebesaran_Mu, mereka tak mengenal_Mu, kuingin memperkenalkan Engkau kepada mereka.

Ya Allah, temani aku disetiap saat, jangan biarkan aku menjauh dari_Mu, jangan tinggalkan aku lagi, tetaplah disisiku tuk selamanya, terangilah setiap langkahku, luruskanlah setiap niatku, ku tak ingin merasakan lagi kesepian karena tak ada Engkau disisiku, Engkaulah yang pantas kujadikan kekasihku penenang jiwaku.

Engkau telah setia menemaniku,

mendengar curahan hatiku,

berkeluh kesah dihadapan_Mu,

dengan sabar Engkau mendengarku,

dengan setia Engkau datang memenuhi panggilanku,

di atas sajadah kuserahkan segala cintaku,

diatas sajadah kita bertemu tuk berkasih sayang,

diatas sajadah Engkau setia menemaniku,

diatas sajadah Engkau datang memenuhi janji_Mu,

diatas sajadah aku menunggu_Mu

ya Ilahi Robbku….

3 Pesan Tersembunyi di Balik Kucing Mendekati Kita Saat Makan

Cats are one of Allah creatures were very well liked. Because her face is cute and adorable, I wonder if the cat is often used as pets.

Pict Ilustration’s
In one of history mentions that the Prophet Muhammad also adopted a cat named Mueeza. He treats his pet cat was very good, although only animals.

Apart from all that, sometimes we like annoyed when there are cats come to us when they eat and then throw him out. But you know behind the cat approached us while feeding, it turns out there is a hidden message?

Here are some of the messages that you have to understand when there is a cat approaches you while eating.


1
. Signs of Allah

Cat coming when we eat is a sign from Allah to remind us that all the sustenance we have not fully belong to us, such as giving zakat fitrah and zakat.

In the context of the cat, gave not only for people, but to animals as well we should be nice. Most sustenance we receive must be shared with other creatures such as cats, as equally Allah creatures.

2. Learn to give with full sincerity

Feed the cat is definitely considered a favor by Allah. According his word, Allah will multiply the goodness to 10 times more goodness. That means, even giving a small thing, but can later be repaid with greater.

In contrast to give to humans who sometimes we expect to get in return, gave the cat to train us to learn sincere. Because the cats would not repay us for what has been given to him. When we feed the animals, we have learned to give willingly.

3. Refusing sustenance will come

When we did not feed the cat, Allah told him that we have rejected the sustenance which God has given to us. Keep in mind, the provision is not only the money, but it covers everything, like tranquility within ourselves.

Learning from the third message, may we be servants of Allah who diligently help others without expecting reward from anyone except from Allah.

***

Kucing merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang sangat disukai banyak orang. Karena wajahnya yang lucu dan menggemaskan, tak heran jika kucing sering dijadikan binatang peliharaan.

Pict vis Google
Dalam salah satu riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW juga memelihara seekor kucing bernama Mueeza. Beliau memperlakukan kucing peliharaanya itu dengan sangat baik, meski hanya hewan.

Terlepas dari semua itu, terkadang kita suka kesal ketika ada kucing menghampiri kita saat sedang makan dan kemudian mengusirnya. Tapi tahukah Anda di balik kucing mendekati kita saat sedang makan, ternyata ada pesan tersembunyi?

Berikut beberapa pesan yang harus kamu pahami ketika ada kucing mendekati kamu saat sedang makan.

1. Pertanda dari Allah SWT
Kedatangan kucing saat kita makan merupakan pertanda dari Allah SWT untuk mengingatkan kita bahwa semua rezeki yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita, seperti memberi zakat fitrah dan zakat harta.

Dalam konteks kucing, memberi bukan hanya kepada sesama manusia, tetapi kepada hewan juga kita harus bersikap baik. Sebagian rezeki yang kita terima harus dibagi dengan makhluk lain seperti kucing, karena sama-sama makhluk ciptaan Allah.

2. Belajar memberi dengan penuh keikhlasan
Memberi makan kucing sudah pasti dianggap kebaikan oleh Allah SWT. Sesuai firmannya, Allah akan melipatgandakan satu kebaikan dengan 10 kali lipat kebaikan lainnya. Itu berarti, walaupun memberi hal kecil, tapi nanti bisa dibalas dengan yang lebih besar.

Berbeda dengan memberi kepada manusia yang terkadang kita berharap mendapat imbalan, memberi kepada kucing melatih kita untuk belajar ikhlas. Pasalnya, kucing tidak akan membalas kebaikan kita atas apa yang sudah diberikan kepadanya. Ketika kita memberi makan hewan ini, kita sudah belajar memberi dengan ikhlas.

3. Menolak rezeki yang akan datang
Ketika kita tidak memberi makan kucing, Allah memberitahu bahwa kita sudah menolak rezeki yang akan Allah berikan kepada kita. Perlu diketahui, rezeki itu bukan hanya sekedar uang, tapi meliputi segala hal, seperti ketenangan dalam diri kita.

Belajar dari ketiga pesan tersebut, semoga kita menjadi hamba Allah yang rajin menolong sesama tanpa berharap imbalan dari siapa pun kecuali dari Allah.

Selamat membaca, semoga bermanfaat ya guys.

Tergantung Niat

​Assalamualaikum para bloger, udah lama banget ya gak ngepost, hehe. Oya, langsung aja pada pokok pembahasan kali ini admin mau menerangkan sedikit tentang niat. Semoga bermanfaat untuk yang membaca.

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.”
(HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Imam Bukhari menyebutkan hadits ini di awal kitab shahihnya sebagai mukadimah kitabnya, di sana tersirat bahwa setiap amal yang tidak diniatkan karena mengharap Wajah Allah adalah sia-sia, tidak ada hasil sama sekali baik di dunia maupun di akhirat
Al Mundzir menyebutkan dari Ar Rabi’ bin Khutsaim, ia berkata, 

“Segala sesuatu yang tidak diniatkan mencari keridhaan Allah ‘Azza wa Jalla, maka akan sia-sia”

YapZ, begitulah kira-kira penjelasan singkatnya, hayo bagai mana dengan niat kalian semua? Yang pasti pasri niatan baik ya.

Memperingati hari Robok Robok

​Robo-robo the beginning itself, begins with the arrival of the Opu Daeng Manambon and Princess crimson which is the granddaughter Panembahan Mempawah that time namely, Panembahan Senggaok who is a descendant of King Patih Gumantar of the Kingdom Bangkule Rajangk Mempawah in 1148 Hijri or 1737 AD.

The entry of Opu Daeng Manambon and his wife Princess kesumba to Mempawah, intends to accept the authority of the Princess Mirror Princess Panembahan kesumba who holds the Great Queen Sinuhun with her husband, Opu Daeng Manambon hereinafter styled Prince Mas Surya Negara as the official king of the kingdom Bangkule Rajangk.

Sailing Opu Daeng Manambon of the Kingdom Matan Sukadana (Ketapang) accompanied by around 40 boats. When you sign in Muara Kuala Mempawah, the delegation was greeted with joy by the people Mempawah. The reception is done by installing a variety of paper and fabric colors in the houses on the banks of the river. In fact, some residents also welcome the inclusion of Opu Daeng Manambon to Mempawah River using canoes.

Perayaan Robo-robok

Touched to see people welcome Mempawah is quite festive, Opu Daeng Manambon also provide food supplies to residents who are on the edge of the river to be able to enjoy them as well. Because his arrival coincides with the last Sunday in Syafar, then the group took time off at Kuala Mempawah.

Furthermore Opu Daeng Manambon who are descendants of the kingdom of Luwu in South Sulawesi, praying with the people who welcome it, beg God’s salvation to be kept away from the plagues and disasters. After the prayer, followed by a meal together. The procession was then used as the initial convening of the Robo-robo, which is routinely done every year Mempawah citizens, by eating outside the home with relatives and neighbors.

Perayaan Robok Robok

For some people in some areas in Indonesia, the month of Safar is believed to be in ill-fated and unlucky. The Creator is believed to decrease the various plagues in the month of Safar. Therefore, people who believe in it will hold a special ritual in order to avoid a hazard.

***

Kali ini Robok-robok dirayakan pada tanggal 30 november. Karena setiap tahun meperingati hari tersebut selalu berubah. Uniknya meski tanggal dan bulannya selalu berubah, tetapi harinya tetap tidak berubah, selalu jatuh pada hari Rabu.

Perayaan Robok Robok
Asal usul Robok-robok

Awal diperingatinya Robo-robo ini sendiri, bermula dengan kedatangan rombongan Opu Daeng Manambon dan Putri Kesumba yang merupakan cucu Panembahan Mempawah kala itu yakni, Panembahan Senggaok yang merupakan keturunan Raja Patih Gumantar dari Kerajaan Bangkule Rajangk Mempawah pada tahun 1148 Hijriah atau 1737 Masehi.

Masuknya Opu Daeng Manambon dan istrinya Putri Kesumba ke Mempawah, bermaksud menerima kekuasaan dari Panembahan Putri Cermin kepada Putri Kesumba yang bergelar Ratu Agung Sinuhun bersama suaminya, Opu Daeng Manambon yang selanjutnya bergelar Pangeran Mas Surya Negara sebagai pejabat raja dalam Kerajaan Bangkule Rajangk.
Berlayarnya Opu Daeng Manambon dari Kerajaan Matan Sukadana (Kabupaten Ketapang) diiringi sekitar 40 perahu. Saat masuk di Muara Kuala Mempawah, rombongan disambut dengan suka cita oleh masyarakat Mempawah.

Penyambutan itu dilakukan dengan memasang berbagai kertas dan kain warna warni di rumah-rumah penduduk yang berada di pinggir sungai. Bahkan, beberapa warga pun menyongsong masuknya Opu Daeng Manambon ke Sungai Mempawah dengan menggunakan sampan.

Terharu karena melihat sambutan rakyat Mempawah yang cukup meriah, Opu Daeng Manambon pun memberikan bekal makanannya kepada warga yang berada di pinggir sungai untuk dapat dinikmati mereka juga. Karena saat kedatangannya bertepatan dengan hari Minggu terakhir bulan Syafar, lantas rombongan tersebut menyempatkan diri turun di Kuala Mempawah.

Perayaan Robok Robok
Selanjutnya Opu Daeng Manambon yang merupakan keturunan dari Kerajaan Luwu Sulawesi Selatan, berdoa bersama dengan warga yang menyambutnya, mohon keselamatan kepada Allah agar dijauhkan dari bala dan petaka. Usai melakukan doa, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Prosesi itulah yang kemudian dijadikan sebagai awal digelarnya hari Robo-robo, yang saban tahun rutin dilakukan warga Mempawah, dengan melakukan makan di luar rumah bersama sanak saudara dan tetangga.

Bagi sebagian masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, bulan Safar diyakini sebagai bulan naas dan sial. Sang Pencipta dipercayai menurunkan berbagai malapetaka pada bulan Safar. Oleh sebab itu, masyarakat yang meyakininya akan menggelar ritual khusus agar terhindar dari marahabaya.

Mengapa Jum’at itu istimewa?

Haaaai para Bloger, apa kabar nih?? udah lama banget admin gak nulis, soalnya lagi pada sibuk ngurusin tugas-tugas yang gak pernah ada habis-habisnya 😃 ( tugas ibu-ibu rumah tangga ).

Kadang udah nulis panjang-panjang malah ketiduran, dan ketika terbangun, jreeeng jreeeng………tulisannya sudah hilang akibat ngantuk ya gak nyadar kalau udah ngedeleted tulisan sendiri 😃😃 (cuma bisa ngelus dada). Mau ngelanjutin tuh tulisan yang kedeleted tapi udah lupa konsepnya tentang apa, imajinasi datang cuma sesekali dan beda-beda Alur (emang banyak yang selalu difikirkan).

Langsung saja pada pokok pembahasan, betapa istimewanya hari jum’at. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda:

Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]

Rasulullah juga pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku.”
para sahabat berkata: “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?

Nabi bersabda: “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, AnNasai)

Keistimewaan lain hari Jumat adalah saat-saat dikabulkannya doa, yaitu saat-saat terakhir setelah shalat ashar (seperti yang dijelaskan dalam banyak hadits) atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai shalat selesai ditunaikan. Istimewanya hari Jum’at bagi kaum muslim.

Pict via Google

Nah masa sih hari yang istimewa ini tidak kita isi buat nambah-nambah pahala? Coba yuuk kita isi Jumat berkah ini dengan amalan amalan sunnah!😊

Ini nih list amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah di hari Jumat :

🍃 Memperbanyak shalawat Nabi🍃

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasai)

🍃 Membaca Surah AlKahfi🍃

Barangsiapa yang membaca surat AlKahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim dalam AlMustadrok)

🍃 Memperbanyak Doa🍃

Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Taala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” (HR. Bukhari dan Muslim). Menurut beberapa pendapat ulama, waktu tersebut adalah saat menjelang Maghrib.

Menurut keterangan dari ustad-ustad dan buku-buku yang saya baca nah, selain sunnah-sunnah tersebut, ada lagi amalan sunnah yang berkaitan dengan sholat Jum’at, diantaranya :

  1. Mandi dan bersiwak.
  2. Menggunakan wewangian.
  3. Memakai pakaian terbaik.
  4. Menyegerakan berangkat ke Mesjid dan duduk di shaf pertama.
  5. Berjalan kaki ke masjid.
  6. Melakukan sholat sunnah sebelum khatib naik ke mimbar.
  7. Menyimak dan tidak berbicara saat khatib menyampaikan khutbah.
  8. Tidak duduk dengan menekuk lutut.
  9. Melakukan sholat sunnah 2 atau 4 rakaat setelah seledai sholat jum’at.

Ayo kita cari pahala dengan menghidupkan sunnah Rasulullah di jumat ini!


Sejarah Kopi Pertama dalam Peradaban Muslim

​ It is believed that a goatherd from Abyssinia (now Ethiopia) the first to discover the efficacy of coffee 1,200 years ago when the goat gets extra energy after consuming some red fruit.

Sumber : Okezone
People immediately tried boiling the fruit to make coffee. People in various parts of the Muslim world has been drinking coffee since the 9th century. Drinks only arrived in Europe 700 years later.

The travelers and traders spread to Yemen was a popular beverage, Mecca, Damascus, Baghdad, and Istanbul, to Europe and beyond.

Today more than 1.5 billion a cup of coffee consumed worldwide every day, the number of which is enough to fill 300 Olympic-standard swimming pool, as summarized on the “1001 Inventions and Fascinating Facts Muslim civilization,”

Ripe coffee cherries are red in color and is referred to as divorce coffee. Some Muslims helped by coffee that can be awake during the night prayer.

While in Indonesia, the coffee can be grown in many places. Coffee plantations in Indonesia is estimated almost one million hectares. In the Muslim world, the usual coffee drunk as black coffee.

Only in the 17 years century people started adding cream to coffee. The coffee is now grown in 65 countries, and became the number two commodities most heavily traded after oil. Indonesia accounted for more than 350 thousand tons of coffee to world markets.

***

Dipercaya bahwa seorang gembala kambing  dari Abesinia (sekarang Ethiopia) adalah orang pertama yang menemukan khasiat kopi 1.200 tahun yang lalu ketika kambingnya mendapat energi tambahan setelah memakan beberapa buah berwarna merah.

Orang-orang segera mencoba merebus buah tersebut untuk membuat kopi. Masyarakat di berbagai penjuru dunia Muslim sudah menyeruput kopi sejak abad ke-9. Minuman tersebut baru tiba di Eropa 700 tahun kemudian.

Para pelancong dan pedagang menyebarkan minuman populer itu ke Yaman, Mekkah, Damaskus, Baghdad, dan Istanbul, hingga ke Eropa dan seterusnya.

Kini lebih daripada 1,5 miliar secangkir kopi dikonsumsi di seluruh dunia setiap hari, jumlah yang cukup untuk mengisi 300 kolam renang standar olimpiade, sebagaimana dirangkum dari “1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim,”

Buah kopi yang ranum berwarna merah dan disebut sebagai cerai kopi. Sebagian Muslim terbantu oleh kopi sehingga bisa terjaga selama salat malam.

Sementara di Indonesia, kopi bisa ditumbuhkan di banyak tempat. Perkebunan kopi di Indonesia diperkirakan seluas satu juta hektar. Di dunia Muslim, kopi biasa diminum sebagai kopi hitam.

Baru pada abad ke-17 orang mulai menambahkan krem ke kopi. Kopi kini ditanam di 65 negara, dan menjadi komoditas nomor dua paling banyak diperdagangkan setelah minyak. Indonesia menyumbang lebih daripada 350 ribu ton kopi ke pasar dunia.

17 November

Happy birthday my wifewish you all the best, dan semoga makin dewasa Aamiin. Begitulah ucapan yang terlontar dari sang suami sambil membawa sebuah kue dan sebingkis kado, yang datang dari arah pintu depan. Dan membuat sontak aku terkejut yang sedang mengganti pakaian si kecil.

Saya ( Marliani Arizma )

Kini usia ku sudah bertambah, semoga di sisa usia yang tersisa aku bisa menjadi istri yang solehah untuk suami, dan ibu yang baik untuk anak anak ku kelak.

Maklum, kadang kadang masih suka emosian dan marah marah gak jelas, meskipun demikian tetap saja dia sabar menghadapi ku, betapa beruntungnya bersuamikan seperti dia.

Dua tahun menjadi seorang Istri ada saja kejutan tak terduga yang dilakukannya untuk menyenangkan hati istrinya. Yah, suamiku memang yang terbaik.

Suami terbaik Ku 😙

Tak hanya itu, doa terbaik dari keluarga dan teman teman terdekat datang menbanjiri, termasuk Doa dari adik untuk ku..

Aku memiliki sepasang mata, tapi tidak dapat selalu melihatmu..

Aku memiliki sepasang tangan, tetapi tidak bisa selalu menuntunmu dalam gelap..

Tapi aku memiliki hati, yang selalu berdoa untukmu, dimanapun dan kapanpun.

Terima kasih Ya Allah

Terima kasih telah Engkau hadirkan di 1 episode hidupku seseorang yang mampu menjadi kakak bagiku

Di usianya yang ke 25 ini jadikanlah dia sosok yang lebih dewasa, pribadi yang di senangi oleh setiap orang sehingga dia menjadi orang yang paling beruntung karena begitu banyak yang menyayanginya, termasuk aku🙂 .. hehe..

Jagalah dia di setiap helaan nafasnya lindungilah dia dalam setiap langkahnya sayangilah dia melebihi Engkau menyayangi hamba.

Teguhkanlah imannya dalam agamaMu Ya Allah, lembutkan hatinya, jadikanlah setiap kata yang keluar dari bibirnya hanyalah kebaikan saja.

Sampaikanlah padanya dimanapun dia berada, ada seseorang yang selalu menghadirkan dia dalam setiap doanya, yaitu adiknya ini  

Sampaikan padanya Ya Allah, disini ada yang selalu menyayanginya, seseorang yang dia panggil adik.

Selamat Ulang Tahun kakak 😊.

Adik semata wayang 😂

Sungguh, aku merasa sangat bersyukur memiliki mereka. Sekali lagi, semoga disisa helaan nafas yang tak tau sampai kapan akan menjadi sisa usia yang tak terbuang sia sia. Aamiin…

Maaf ya kalau ceritanya tidak nyambung, saking girangnya bingung mau merangkai kata. 😃